Jenis-jenis Timbangan Lengkap Dengan Cara Penggunaannya

Timbangan merupakan alat yang digunakan untuk mengukur massa atau berat suatu benda. Kami merekomendasikan beberapa timbangan dari richter. Jenis timbangan yang paling umum digunakan adalah timbangan badan dan timbangan kodok untuk menimbang bahan makanan.

Macam-macam jenis timbangan dari cara kerjanya terdiri dari tiga bagian yaitu jenis timbangan digital, jenis timbangan manual, dan jenis timbangan hybrid. Harga ketiga jenis timbangan ini juga bervariasi.

Apa Saja Jenis-jenis Timbangan dan bagaimana cara penggunaanya?

Jenis timbangan yang paling umum digunakan adalah timbangan badan dan timbangan kodok untuk menimbang bahan makanan.

Macam-macam jenis timbangan dari cara kerjanya terdiri dari tiga bagian yaitu jenis timbangan digital, jenis timbangan manual, dan jenis timbangan hybrid. Harga ketiga jenis timbangan ini juga bervariasi.

Semakin baik kualitas jenis timbangan maka semakin mahal pula harga jualnya. Berikut Liputan6.com review jenis timbangan dan harganya.

1. Jenis Timbangan Emas

Timbangan emas bukan berarti timbangan jenis ini dibuat dari emas. Jenis timbangan ini khusus dibuat untuk menimbang logam emas. Timbangan emas ini memiliki akurasi perhitungan yang lumayan tinggi. Jenis timbangan ini terdiri dari dua jenis yaitu versi digital dan manual. Harga jenis timbangan emas mulai dari Rp 37 ribu sd Rp 200

2. Jenis Timbangan Duduk

Timbangan Duduk adalah salah satu jenis timbangan dimana benda yang ditimbang didudukkan atau sering disebut dengan Timbangan Platform. Harga jenis timbangan duduk mulai dari Rp 130 ribu hingga Rp 300 ribu.

3. Jenis Sisik kodok

Timbangan duduk atau toad balance merupakan salah satu jenis timbangan yang sering kita jumpai di pasaran. Berdasarkan fungsinya, timbangan kodok jenis ini digunakan untuk mengukur berat bahan makanan, bumbu, buah-buahan atau lainnya.

Untuk menggunakan timbangan jenis ini, ada batu yang perlu digunakan untuk mengukur berat badan. Batu yang tersedia terdiri dari beberapa ukuran yaitu 50 gr (1/2 ons), 100 gr (1 ons), 200 gr (2 ons), 500 gr (1/2 kg), dan terberat 1000 gr (1 kg) . Kapasitas berat maksimum yang ditampung adalah 10 kg. Harga jenis sisik kodok : Rp. 300 ribu menjadi Rp. 500.